Rabu, 02 Desember 2015

Permasalahan dalam MI/SD tentang K-13

Permasalahan yang terdapat di MI/SD
  • K-13
         Kurikulum 2013pembelajarannya sulit ditangkap oleh anak. Karena ada anak yang pemikirannya belum sampai pada taraf pendidikan di kurikulum 2013
Solusi
  • Jadi kurikulum itu harusnya tidak menyulitkan anak walaupun sebenarnya kurikulum ini untuk memajukan sekolah
Tanggapan saya
  • Sebenarnya, K-13 ini tidak pernah memberatkan pihak manapun, hanya saja kurikulum ini mrngHARUSkan pendidik dan peserta didik untuk lebih aktif lagi terhadap pelaaran. Seorang pendidik harus lebih jeli lagi dalam mengamati perkembangan pola piker anak, dengan kemampuan yang bagus seorang pedidik akan lebih mudah menerangkan pelajaran sesuai yang diharapkan oleh K-13 ini. Sedangkan bagi para siswa, K-13 ini sebenarnya mampu membuat anak berfikir satu lagkah kedepan karena, disini anak dibiarkan untuk berdiskusi dengan teman sebayanya tentang pembelajaran.
Nah, dapat disimpulkan bahwa setiap perubahan peraturan pasti mengandung sisi positif dan negatifnya. Dari sisi negative, seorang pendidik harus bekerja lebih ekstra lagi dalam hal menilai peserta didik. Karena penilaian dalam K-13 sangatlah rinci. Sedangkan sisi positif K-13 karena, pada K-13 ini mampu membentuk dan mengasah pola pemikiran anak yang tadinya pasif menjadi aktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar