Sabtu, 19 Desember 2015

tujuan pendidikan



TUJUAN  PENDIDIKAN
Arvianita
 
Pendapat  tentang  Tujuan  pendidikan
Tujuan  pendidikan  ditentukan  oleh  zaman  dan  kebudayaan  di  tempat  kita  hidup  dan  pandangan  hidup  manusia.  Karena  pandangan  hidup  manusia  berlainan,  berbeda-beda  pula  apa  yang  hendak  dicapai  dengan  pendidikan  itu.  Jadi,  titik  berat  yang  hendak  dituju  berbda-beda  pula,  seperti:
a.       Ada  ahli  didik  yang  menitikberatkan  kepada  ketuhanan  atau  agama.  Ini  bertujuan  agar  anak  selalu  taat  kepada  Tuhannya,  selalu  hidup  menuruti  dan  sesuai  dengan  apa  yang  diperintahkan  oleh  agamanya. Pada  abad  ke-18  dan  ke-19  bisa  disebut  abad  rasio,  yang  pada  waktu  itu  teknik  dan  ilmu  pengetahuan  alam  sedang  maju  pesat,  dan kebanyakan  lebih  mengutamakn  hal-hal  yang  berhubungan  dengan  kehidupan  duniawi  dan  materi  daripada  hal-hal  yang  berhubungan  dengan  kerohanian  sepertikeindahan,  kesusilaan,  dan  agama.
b.      Ditinjau  dari  sudut  anak  atau  manusia
c.       Didalam  hal  ini  timbul  apa  yang  disebut  pendidikan  individual  (individueele  opvoeding)  dan  pendidikan  kemasyarakatan  (sociale  opvoeding
            J.J.Roussea  lebih  mementingkan  pendidikan  individual daripada  pendidikan  kemasyarakatan.  Berpendapat  bahwa  “manusia  itu  ketika  dilahirkan  adalah  baik,  suci,, dan kebanyakan  anak  itu  jadi  rusak  karena  manusia  itu   sendiri  atau masyarakat.”
John  Dewey  berpendapat  bahwa  pendidikan  kemasyarakatanlah  yang  lebih  penting  daripada  pendidikan  individual. Tujuan  pendidikan  menurut  Dewey  ialah  membentuk  manusia  untuk  menjadi  warga  negara  yang  baik.  Untuk  itu  di  sekolah-sekolah  diajarkan  segala  sesuatu  kepada  anak  yang  perlu  bagi  kehidupannya  dalam  masyarakat,  sebagai  anggota  masyarakat  dan  sebagai  warga  negara.  Anak harus di  didik  untuk  menjadi orang  yang  dapat  menurut  pimpinan  dan  dapat  memberikan  pimpinan  atau  menjadi  seorang yang  ahli  dalam  suatu  teknik,  perindustrian  dan  lain-lain.  Pendeknya,  pendidikan  hendaklah  mempersiapkan  anak  untuk  hidup  didalam masyarakat.  Teranglah  bahwa  ia  lebih  mengutamakan  masyarakat  dari  pada  anak  itu   sendiri  sebagai individu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar